200 Ulama Hadiri Halaqoh Nasional

Pesantren Al-Hikam bekerjasama dengan Kementerian Pertahanan RI, menggelar Halaqoh Nasional Ulama Pesantren Dan Cendekiawan Gerakan Dakwah Aswaja Bela Negara. Menghadirkan 200 Ulama dan Cendekiawan se-Nusantara.

Jadi, dalam menjaga NKRI melalui bela negara harus melibatkan semua elemen diantaranya, Ulama, Umaro, Perguruan Tinggi dan lainnya. Fungsi pada Perguruan Tinggi adalah pada pendidikan. Sebab, saat ini bangsa Indonesia menghadapi berbagai ancaman yang bukan hanya fisik semata. Untuk itu, bela negara saat ini bukanlah mengangkat senjata,” ujar Rektor UI Prof. Dr. M. Anies, seusai acara Pesantren Al-Hikam di Kukusan Beji Depok, Jawa Barat.

Dia menjelaskan, bahwa saat ini belum saatnya diperlukan bela negara secara fisik dengan mengangkat senjata. Namun, lanjutnya, mencakup ideologi dan cara berpikr. Sebab, Perguruan Tinggi mencetak generasi yang tanggungjawab. Sehingga, bisa menjadi mitra dalam menyelesaikan dan menjawab tantangan global.

Jadi, demi menjaga keutuhan, cara tepat dengan melibatkan dunia pendidikan. Kita sadari bagaimana medsos menjadi ancaman keutuhan bila menyampaikan negatif,” jelas Anies.

Anies juga menambahkan, bahwa tentunya bila ada kesamaan pemahaman tentang ke-Indonesia-an, maka bisa menjadi filter tersendiri.

Menurutnya, salah satu upaya dalam pendidikan adalah dengan menekankan kembali dalam kesamaan pemahaman ke-Indonesia-an. Ia menilai, perwujudannya melalui nilai pancasila, Bhineka Tunggal Ika, UUD 45 dan lainnya.

“Jadi, perlu dicarikan metode menanamkan nilai pancasila sejak dini. Tidak bisa anak sekarang disuruh menghafal pancasila dan P4. Tentunya, generasi milenium beda dalam penyampaian dan metodenya,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, KH. Yusron Ash-Shidqi selaku pengasuh Pesantren Al-Hikam Depok menilai, bahwa tugas bela Negara bukan saja Pemerintah. Namun, semua elemen turut aktif antara Ulama dan Umaro memiliki kesamaan dalam maslahat.
Terlebih lagi, dalam upaya menjaga keutuhan NKRI.

“Untuk itu, Al-Hikam adalah rumah Aswaja dalam menegakkan dan menjaga NKRI. Karena ini gagasan Alm. KH. Hasyim Muzadi merupakan upaya menyatukan visi misi Ulama Umaro menjadikan Aswaja dan Bela Negara sebagai sumbangsih pada NKRI,” imbuh putra Alm. KH. Hasyim Muzadi itu.

Sumber : radaronline.id

Share and Enjoy

Komentar

comments