22 Santriwati Pesmi Al-Hikam Angkatan I  Sukses Dikukuhkan

Depok, WALISONGOONLINE – (Ahad, 08/10) Tepat pada pukul 11.00 WIB Angkatan Pertama Santriwati Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Depok telah resmi dikukuhkan oleh Kepala Santriwati Al-Hikam yakni dr. Syifa Salma di Aula Lantai 3 Gedung STKQ, Al-Hikam Depok. Sebanyak 22 (dua puluh dua) santri dikukuhkan pada hari ini setelah melalui beberapa tahapan penerimaan santri Pesmi Al-Hikam, yakni seleksi administrasi, wawancara, tes baca Al-Quran, dan masa orientasi atau yang dikenal dengan maisa.

Dalam tahapan seleksi tersebut, para calon santri dididik untuk terbiasa dengan suasana pesantren yang tentunya akan sangat berbeda dengan kehidupan di luar pesantren, apalagi ini adalah pertama kalinya diadakan konsep pesantren dengan mahasiswi sebagai santrinya. Selama ini, telah banyak berdiri pesantren mahasiswa, namun hanya sedikit yang mengkhususkan pada mahasiswi. Al-Hikam pun untuk pertama kalinya mengadakan pesantren mahasiswi (PESMI).

Ada dua nasehat yang disampaikan oleh kepala pesantren Al-Hikam, Muhammad Yusron Shidqi, Lc bahwa setiap mukminah kuat lebih dicintai oleh Allah dan setiap orang adalah pemimpin. Dua nasehat yang diambil dari hadits tersebut menjadi landasan pendidikan santri pesmi Al-Hikam bahwa menjadi mukminah perlu untuk kuat aqidah, kuat ibadah, dan kuat ekonominya. Sebab dengan Aqidah yang kuat seorang mukminah tidak akan keluar dari keimanannya, dengan ibadah yang kuat akan senantiasa berusaha meningkatkan kualitas ibadahnya, dan dengan ekonomi yang kuat maka kedua kekuatan lainnya tidak terhambat dengan hal-hal keduniawian.

Kemudian, di akhir pun disampaikan bahwa setiap santri akan dididik dengan pendidikan yang berorientasi pada tanggung jawab, kemandirian, dan kesiapan mengabdi. Sehingga, setiap santri yang mengikuti setiap tahap pendidikan di Pesmi Al-Hikam dapat mencapai tujuan utama yakni pengabdian, terutama pengabdian terhadap orang tua. Nasehat-nasehat yang telah disampaiakn dihadapan orang tua santri tersebut menjadi sumber energy baru bagi santri pesmi Al-Hikam dalam menghadapi kehidupan nyantri sambil Kuliah ini. [MN]

Share and Enjoy

Komentar

comments