Gerakan Masyarakat Sehat Al Hikam

Depok, WALISONGOONLINE – Jum’at (17/11), tepat pukul 08.30 WIB lantunan mahalul qiyam menyambut seluruh warga Al-Hikam depok yang datang dan berkumpul untuk mengikuti acara seminar Pekan Sehat Pesantren Al-Hikam. Acara yang diikuti oleh seluruh komponen Al-Hikam tersebut dilaksanakan di ruang audiotorium lantai 3 gedung Sekolah Tinggi Kulliyatul Qur’an  Al-Hikam Depok.

Acara yang diselenggarakan atas kerja sama antara BEM-OSPAM Al-Hikam, Klinik Al Hikam dan Lembaga Kesehatan Nahdhatul Ulama (LKNU) ini,bertujuan untuk mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau yang disebut dengan “GERMAS”. Acara ini diadakan dalam rangka menumbuhkan kesadaran hidup sehat di tengah-tengah masyarakat Al-Hikam, terlebih lagi menghadapi musim penghujan saat ini.

Seminar pekan sehat ini disampaikan oleh dua pemateri. Materi pertama disampaikan oleh dr. Dini selaku dokter sekaligus penanggung jawab Klinik Al Hikam Depok. Sedangkan materi II dan merupakan materi inti bertemakan “sosialisasi GERMAS”, disampaikan oleh dr. Syifa Salma yang juga merupakan Kepala Pesantren Mahasiswi Al Hikam Depok.

“Kita yakin betul bahwa Allah SWT menurunkan syariat-Nya juga untuk menjaga kesehatan, agar kita mampu berkontinuitas dalam mengemban amanah khalifatul-ardh”.  Demikian kalimat pembuka seminar yang disampaikan oleh KH. Muhammad Yusron Shidqi, Lc selaku moderator seminar dan Kepala Pesantren Mahasiswa Al Hikam Depok. Selain itu, Pentingnya menjaga kesehatan ditegaskan pula oleh dr. Dini dengan ceramahnya bahwa Sehat itu ada dua, sehat  aktif dan sehat pasif. Sehat aktif adalah berperilaku hidup sehat dan menjaga asupan gizi  tubuh.

Syifa Salma membuka materi II seminar ini dengan sebuah ucapan tegas, “Hanya pola hidup sehat lah yang mampu menjaga kesehatan kita”. Lalu beliau menyambung pemaparannya dengan mengucapkan, “mengapa pola hidup sehat itu harus diupayakan bersama?, hal ini karena hanyalah sakit, yang dapat menular, sedangkan sehat tidak. Maka, dengan kita menjaga kesehatan bersama, kita dapat mengurangi peluang penularan penyakit”.

Acara yang berlangsung selama dua jam ini disambut baik oleh pengasuh Pesantren Al-Hikam Depok. Beliau menutup materi ini dengan pemaparan rencana program kesehatan Al-Hikam. Program yg dicanangkan beliau tersebut merupakan tindak lanjut dari seminar pekan sehat pagi ini. Akhirnya, seminar yang menarik ini pun berakhir tepat pada pukul 11.30 WIB. [MNU]

Share and Enjoy

Komentar

comments