KH. A. Hasyim Muzadi di acara Halal Bihalal dan pengukuhan satgas anti Narkoba

KH. A. Hasyim Muzadi di acara Halal Bihalal dan pengukuhan satgas anti Narkoba

KH. A. Hasyim Muzadi memberikan Ceramah tentang narkoba pada acara Halal Bihalal dan pengukuhan satgas anti Narkoba. Muslimat NU Kota Malang, Hari Minggu, 07 Agustus 2016, jam 09.00-12.0009.00-12.00.
1. Narkoba sebagai bahaya tertinggi yang menyerang Indonesia tidak cukup diatasi oleh pemerintah serta petugas aparat negara. Dia harus dihadapi dengan gerakan nasional secara utuh yang melibatkan seluruh masyarakat bangsa. Gerakan masyarakat ini, harus bermula dari pengamanan keluarga yang intinya adalah ibu rumah tangga masing-masing. Ibu rumah tangga lah yang paling berkepentingan untuk menjaga suami, anak-anak, menantu, dan cucu untuk bebas narkoba. Dan itu akan lebih efektif daripada pengawasan oleh aparat saja.

2. Oleh karenanya satgas anti narkoba yang dibentuk oleh Muslimat NU dan berskala nasional menjadi sesuatu yang amat strategis dan penting. Tinggal selanjutnya diatur pola hubungan antara tugas pemerintahan negara dengan gerakan civil society tersebut.

3. Sampai hari ini, belum dirumuskan pola hubungan antara kepentingan negara dengan gerakan masyarakat tersebut. misalnya dalam bidang informasi, pola gerakan, dan hubungan timbal balik. Yang ada adalah himbauan-himbauan sporadis yang sangat tidak seimbang dengan ketatnya serangan narkoba yang mempunyai dana tak terbatas, pola intelijen, dan kerapian jaringan.

4. Jangan sampai Indonesia kalah dengan serangan narkoba. Karena telah terbukti di kawasan Amerika Latin ada negara yang sudah dikalahkan oleh gerakan narkoba, sindikasi narkoba yang mempunyai pasukan bersenjata sendiri dan melawan negara, ada juga yang hancur ekonomi dan moralitasnya. Sedangkan Indonesia yang merupakan negara kepulauan dan sistim demokrasi yang terlalu longgar memberi lahan luas untuk pengembangan narkoba tersebut.

5. Sangat disayangkan tokoh, aparat, dan aktifis Indonesia sendiri yang langsung atau tidak langsung menghambat pemberantasan narkoba dalam berbagai bentuk dan manifestasinya, namun dapat diperhitungkan ujungnya adalah pembelaan terhadap gembong-gembong narkoba dan para pengedarnya di Indonesia dengan format berbagai isu misalnya HAM, amnesti, dan pelemahan penindakan hukum.

Share and Enjoy

    Komentar

    comments