KH. Hasyim Muzadi: Islam tidak Mungkin Kalah

KH. Ahmad Hasyim Muzadi

JAKARTA  —  Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, KH. Hasyim Muzadi mengatakan Islam pasti menghadapi gangguan. Meski demikian, Kiai Hasyim meyakini Islam tidak akan kalah.

“Islam tidak mungkin kalah tapi orang Islam bisa kalah dimana-mana tergantung kepandaiannya,”kata Kiai Hasyim dalam pemaparannya pada acara Konferensi Internasional Media Islam, di Wisma Antara Jakarta, Rabu (25/5).

Mantan Ketua PBNU tersebut mengatakan secara umum Islam memiliki modal pergaulan antar sesama Muslim. Selain itu, Islam juga memiliki modal kuat dalam pergaulan di dunia Internasional.

Hubungan sesama Muslim, kata Kiai Hasyim, sudah memiliki patokan yang jelas. Sedangkan dalam bergaul dengan dunia Internasional juga memiliki modal yaitu sikap toleransi.

“Ini antara tantangan dengan jawaban kita. Ini kunci kemenangan atau kekalahan,” ujar Pengasuh Ponpes Mahasiswa Al-Hikam Malang, Jawa Timur.

Kiai Hasyim menyerukan agar umat Islam segera melakukan konsolidasi atas konflik yang terjadi di Timur Tengah. Dakwah harus dimanfaatkan dalam konsolidasi tersebut.

Selain itu, Hasyim juga menekankan agar memiliki cara advokasi yang kuat. Dalam advokasi tersebut, lanjutnya, harus ada nilai kebenaran dengan dilandasi dasar ilmiah yang tinggi.

Kiai Hasyim menyadari saat ini tantangan yang berat dihadapi Islam bukan perang. Akan tetapi media merupakan yang terbesar. “Media ini yang mengatur persepsi dunia,” kata Kiai Hasyim menegaskan.

 

Sumber:khazanah.republika.co.id

Share and Enjoy

Komentar

comments