PELATIHAN DAN AKTUALISASI MANAJEMEN ORGANISASI SANTRI 2018

Era globalisasi menuntut dunia pesantren mempersiapkan para santri menjadi pemimpin yang cerdas, handal, jujur dan berwibawa. Karakter manusia yang handal merupakan pendidikan karakter yang menjadi landasan dalam pendidikan pesantren. Sehingga selain belajar di pesantren perlu bekal tambahan yang bermanfaat bagi masa depan santri Al Hikam Depok setelah lulus nanti.

Kegiatan PAMOS 2018 merupakan kegiatan perdana Pesantren Mahasiswa Al Hikam Depok. Kegiatan ini bekerja sama dengan Institusi Leadership (iLEad) Universitas Indonesia. Adanya kegiatan ini adalah sebagai wahana dan wadah Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Depok untuk menggali potensi diri para santri, menumbuhkan sikap kerja sama di lingkungan organisasi, serta memperkuat jalinan silaturrahim sesama santri.

Cita-cita mulia suatu bangsa tidak terlepas dari peranan generasi muda yang handal, bertanggung jawab serta mampu meneruskan tongkat estafet kepemimpinan pendahulunya, untuk mencapai hal tersebut pendidikan kepemimpinan adalah salah satu alternatif yang diharapkan  mampu memberikan andil untuk membentuk generasi yang mumpuni, generasi yang mampu di segala bidang.

One Team, One Goal, One Family” suatu tema kegiatan yang ingin ditanamkan kepada para santri dalam pengembangan potensi keahlian membentuk tim yang solid, mampu menciptakan tujuan organisasi yang jelas, serta mampu menumbuhkan rasa kekeluargaan dalam tim atau organisasi.

Dari kegiatan ini diharapkan para santri memiliki sikap kerjasama dan sikap kepemimpinan yang akan menjadi bekal di masa depan seperti termaktub dalam tujuan kegiatan PAMOS 2018.

Pelatihan ini bertujuan untuk:

  1. Menumbuhkembangkan rasa memiliki (sense of belonging) organisasi.
  2. Meresapi dan meneladani jati diri organisasi.
  3. Membentuk softskills yang dapat diterapkan di organisasi, kegiatan keagamaan maupun dunia kerja.
  4. Memahami bagaimana memimpin dan dipimpin.
  5. Membantu menyelesaikan masalah berkaitan dengan komunikasi di organisasi.
  6. Membangun tim yang kuat.

Kegiatan ini dilaksanakan pada

Hari/Tanggal      : 23 September 2018

Jam                       : 09.00 WIB – 17.00 WIB

Tempat                 : Selasar Masjid Al Hikam

Acara dibuka dengan sambutan dari Ustadz Ahmad Syauqu Habibi yang sekaligus membuka acara dan menyampaikan bahwa acara ini sangat penting diikuti para santri yang terutama dalam kesiapan hidup nanti ketika terjun dimasyarakat. Adapun bentuk kegiatan acara ini terbagi menjadi dua. Pertama, materi yang dibawakan oleh pemateri. Kedua, outbound team building dengan fasilitator dari iLeaD UI.  Materi pertama dibawakan oleh M. Agus Fuat, S. Hum Ketua BEM FIB UI 2016 yang membawakan materi tentang bagaimana menumbuhkembangkan rasa memiliki (sense of belonging) organisasi, Bagaimana meresapi jati diri organisasi, serta How to lead and How to be lead. Setelah penyampaian materi, pemateri mendapat piagam penghargaan sebagai pemateri yang diberikan oleh Abdullah Quraish Shihab selaku Ketua Organisasi Santri Pesantren Mahasiswa Al Hikam (OSPAM) Depok. Materi selanjutnya dibawakan oleh Hermawan Sulistio, S. M selaku alumnus Pesantren Al Hikam Depok yang saat ini berkarir di sebuah organisasi social entrepreneur Kitabisa.com. Tio, panggilan akrabnya, menyampaikan pentingnya berorganisasi dalam menjawab persoalan di lingkungan sekitar, khususnya tentang isu sosial. Setelah materi, pemateri mendapat piagam penghargaan sebagai pemateri yang diberikan oleh Muhammad Abdu Basith selaku Ketua BEM Sekolah Tinggi Kuliyatul Qur’an (STKQ) Al Hikam Depok.

Selanjutnya, bentuk kegiatan kedua adalah outbound team building (membangun tim). Pada kegiatan ini diatur sepenuhnya oleh fasilitato dari iLeadD (Institute of Leadership Development) Universitas Indonesia. Melalui permainan outbound, peserta diberikan pelatihan mengenai bagaimana membangun komunikasi dalam organisasi dan bagaimana membangun tim yang kuat. Setelah permainan outbond, fasilitator mendapat piagam penghargaan sebagai fasilitator yang diberikan oleh Fahmi Faqot selaku perwakiln dari pengurus Takmir Masjid Al Hikam Depok.

 Setelah peserta mengikuti kegiatan dari pagi sampai sore, acara ditutup dengan penyampaian harapan dan do’a yang dibawakan oleh Mahasiswa STKQ Muhammad Amiruddin. Dapat dilihat, acara ini mendapat respon yang baik dari peserta para santri baik Pesantren Mahasiswa maupun STKQ. Semoga tahun depan dapat mengadakan acara serupa yang lebih meriah.

Jumlah peserta pelatihan ini sekitar 65 orang. Peserta pelatihan adalah:

  1. Anggota Organisasi Santri Pesantren Mahasiswa (OSPAM) Al-Hikam Depok.
  2. Anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Kuliyatul Qur’an (STKQ) Al-Hikam Depok.
  3. Anggota Takmir Masjid Al-Hikam Depok.
  4. Anggota Madrasah Diniyah (MADIN) Masjid Al-Hikam Depok.
  5. Santri baru, baik Pesantren Mahasiswa.
  6. Santriwati Pesantren Mahasiswi Al-Hikam Depok.

Penyelenggara kegiatan ini adalah Departemen PSDM Organisasi Santri Pesantren Mahasiswa (OSPAM) Al Hikam Depok dengan dukungan Bidang Kemahasiswaan Pesantren dan seluruh organisasi yang ada di Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Depok.

Share and Enjoy

    Komentar

    comments