Pendaftaran Mahasiswa STKQ 2018

Pendaftaran & Tes Penerimaan

Visi

Menjadi pusat kajian Al-Quran terdepan yang menjadi rujukan bagi studi-studi keislaman di Indonesia.

Misi

  1. Menyelenggarakan kajian Al-Qur’an berdasarkan wawasan interdisipliner.
  2. Menyelenggarakan penggalian kekayaan kandungan Al-Qur’an melalui penelitian yang berorientasi pada comparative analysis dan pilihan-pilihan analisis lainnya.
  3. Menyelenggarakan pendidikan sebagai pusat studi ilmu Al-Qur’an terkemuka di Indonesia.
  4. Melaksanakan pengembangan pengetahuan di bidang ilmu Al-Qur’an dan Tafsir melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara professional.
  5. Membimbing dan mengarahkan mahasiswa Prodi ilmu Al-Qur’an menjadi ahli ilmu Al-Qur’an dan Tafsir yang profesional, berkualitas dan responsif terhadap tantangan zaman.
  6. Menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga yang berorientasi pada pengembangan studi Al-Qur'an di tingkat lokal, nasional, regional dan internasional.

Profil dan Prospek Lulusan

Tidak berbeda dengan perguruan tinggi lain, tujuan perencanaan Sekolah Tinggi Kulliyatul Qur’an Al-Hikam Depok meliputi:

  1. Menghasilkan tenaga-tenaga ahli Al-Qur’an yang terampil dan ilmiyah, cinta kepada nusa dan bangsa sekaligus merupakan insan yang spiritual, intelektual dan kultural yang senantiasa mendahulukan kepentingan umum.
  2. Peningkatan serta pembinaan Tri Dharma perguruan tinggi, yaitu pengajaran / pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
  3. Pengembangan budaya yang bercorak agama di kampus Sekolah Tinggi Kulliyatul Qur’an Al-Hikam Depok sebagai bagian masyarakat yang lebih luas.
  4. Pengembangan kerjasama antara Sekolah Tinggi Kulliyatul Qur’an Al-Hikam Depok dengan perguruan tinggi lain maupun dengan lembaga-lembaga non perguruan tinggi.

Rekrutmen Mahasiswa

  1. Seleksi mahasiswa di lakukan melalui tes di masing-masing Provinsi. dari hasil tes ini dipilih dua orang mahasiswa dari seluruh Provinsi di pulau Jawa dan satu orang berasal dari provinsi-provinsi di luar Jawa.
  2. Rekrutmen santri dilakukan melalui lembaga Jami’atul Quro wal Huffadz atau melalui pengurus NU setempat.

Struktur Kurikulum

Kegiatan belajar mengajar di Sekolah Tinggi Kuliyatul Qur’an Al-Hikam akan di tempuh selama lima tahun yang terbagi menjadi sepuluh semester. Mulai semester pertama sampai semester delapan mahasiswa di ajarkan beberapa mata kuliah yang relevan dengan kompetensi yang di harapkan. Kemudian di lanjutkan dengan pelaksanaan kuliah kerja nyata pada semester ke sembilan dan penulisan skripsi pada semester ke sepuluh.

  1. Kurikulum dan silabus
    Secara garis besar, kurikuklum Sekolah Tinggi Kulliyatul Qur’an Al-Hikam di bagi menjadi dua bagian yang merupakan satu kesatuan yang integral, yaitu intra kulikuler dan ekstra kuliluler.
  2. Intra Kulikuler
    Intra kulikuler adalah kegiatan yang dirancang sesuai dengan tujuan-tujuan instruksional. Kegiatan ini dihitung berdasarkan bobot dirosah yang bersangkutan, yaitu 2 eks mata dirosah dengan 100 menit tatap muka,100 menit tugas terstruktur, dan 100 menit tugas mandiri. Kegiatan ini menjadi tanggung jawab dosen pemangku dirosah, dibantu dangan asisten (jika ada).kegiatan intra kurikuler dilaksanakan dengan mempertimbangkan beberapa aspek pengajaran yang bersifat demokratis dan kolegal.

klik disini untuk daftar online dan kemudian mengirim berkas syarat pendaftaran ke Pesantren Al-Hikam Depok dengan alamat Jl. H. Amat No. 21 RT 06 RW 01  Kel. Kukusan Kec. Beji Kota Depok Prov. Jawa Barat Kode Pos 16425 an. Ustad Mustofa