Pengajian dan Do’a Bersama PESMI Al Hikam Depok

Depok, WALISONGOONLINE – (Ahad, 12/11) Ahad malam di Pondok Pesantren Mahasiswi Al Hikam Depok (PESMI Al Hikam Depok) lebih ramai dari biasanya, dikarenakan ada kegiatan Pengajian dan Doa Bersama yang diselenggarakan oleh pihak Pesantren Mahasiswi Al Hikam Depok dengan mengundang tetangga sekitar pondok dan aparat desa setempat. Tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah untuk memperkenalkan PESMI Al Hikam Depok pada masyarakat setempat.

Seperti apa yang disampaikan oleh Nur Istiqomah (Santri PESMI Al Hikam Depok) bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat terkhusus bagi para santri yang baru menempati pondok tersebut selama kurang lebih dua bulan, sehingga dapat mengenal Ibu-ibu yang ada di sekitar pondok. Apalagi tutur Isti, para santri turut didoakan dan didukung oleh seluruh tamu yang hadir sehingga menambah keakraban dan rasa aman dalam diri santri.

PESMI Al Hikam Depok telah didirikan pada tahun 2017 ini. Pondok pesantren yang ditujukan untuk menyeimbangkan kebutuhan akhirat pada mahasiswi-mahasiswi di berbagai kampus di Depok dan sekitarnya ini bertempat di Jalan Juragan Sinda II Kelurahan Kukusan. Berdiri di atas tanah dan rumah wakaf dari salah seorang warga setempat. Rumah tersebut sebelum ditempati oleh santri tidak dipakai selama kurang lebih tiga tahun, sehingga perlu adanya sosialisasi pada masyarakat setempat bahwa rumah tersebut sudah tidak kosong lagi bahkan sudah menjadi asrama PESMI Al Hikam Depok.

Pemimpin Pondok Pesantren Al Hikam Depok, Yusron Shidqi, Lc menyampaikan bahwa pesantren yang dikhususkan bagi mahasiswa putri ini baru ada di Al Hikam ini, bahkan di Malang pun belum ada. Sehingga ini adalah awal bagi kami dalam mengelola pesantren yang dikhususkan bagi perempuan. Untuk itu, kerjasama dan komunikasi yang baik antara pihak pesantren dengan warga setempat dan didukung oleh aparat desa setempat sangatlah penting dalam hal menjaga keamanan santri dan ketertiban bersama.

Kegiatan Pengajian dan Doa Bersama PESMI Al Hikam Depok ini terselenggara dengan lancar, dihadiri oleh Madyasin (Ketua RW 01), Rohaman (Ketua RT 03) dan Ketua RT 04 serta Ibu-ibu yang tinggal di sekitar Asrama Pondok PESMI Al Hikam, juga para ustadz dan ustadzah yang mengajar di PESMI Al Hikam. Tak lupa para santri nonmukim yang juga ikut mengaji di PESMI Al Hikam pun turut serta meramaikan. Kegiatan ini juga terselenggara atas bantuan dari Pengurus Pondok Pesantren dan beberapa santri Pesantren Mahasiswa Al Hikam Depok.

Pondok ini baru berdiri, sehingga masih perlu banyak persiapan, perhatian, dan penjagaan yang lebih agar menjadi pondasi yang kuat bagi generasi berikutnya. Sebab, mendirikan pondok pesantren dengan santri perempuan akan lebih banyak tantangannya dibandingkan dengan pondok pesantren dengan santri laki-laki. Semoga amaliah agama, prestasi ilmiah, dan kesiapan hidup bermasyarakat dapat tertanam dengan baik pada diri santri PESMI Al Hikam Depok, hingga tercapailah kesinergian ilmu agama dan ilmu dunia yang menghasilkan karya-karya bermanfaat bagi masyarakat sekitar.  -MN

Share and Enjoy

Komentar

comments