Peringatan Nuzulul Qur’an ala Pesantren Al-Hikam Depok

Depok, Koran Kota– Nuzulul Qur’an yang secara harfiah berarti turunnya Al Qur’an (kitab suci agama Islam) adalah istilah yang merujuk kepada peristiwa penting penurunan “Al Qur’an secara keseluruhan diturunkan dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul ‘Izzah di langit dunia. Lalu diturunkan berangsur-angsur kepada Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam sesuai dengan peristiwa-peristiwa dalam jangka waktu sekitar 23 tahun.” (HR. Thobari, An Nasai dalam Sunanul Kubro, Al Hakim dalam Mustadroknya, Al Baihaqi dalam Dalailun Nubuwwah. Hadits ini dishahihkan oleh Al Hakim dan disetujui oleh Adz Dzahabi. Ibnu Hajar pun menyetujui sebagaimana dalam Al Fath, 4: 9).

Dalam memperingati Nuzulul Qur’an, Pondok Pesantren Al Hikam mengangkat tema “Mendedikasikan Diri untuk Menjunjung Tinggi Nilai-Nilai Qur’an dan Mencetak Masyarakat yang Madani” dengan mengadakan sejumlah acara seperti khataman quran, santunan anak yatim, tadarus berjamaah dll. Adapun acaranya dimulai setelah ashar dan sempat terhenti untuk buka bersama dan sholat tarawih lalu dilanjutkan dengan acara-acara selanjutnya dan di akhiri oleh ceramah dari Ust. Dr. H. M. Nurul Irfan, M.Ag.

Acara ini terbuka untuk umum dan sangat terlihat antusias warga sekitar dan seluruh santri Al Hikam turut menghadiri acara tersebut. “Saya merasa lebih mengerti tentang terorisme, ternyata hafal Al-Quran tidak cukup karena hanya menghafal arabnya saja dan hafidz tersebut harus didampingi oleh guru yang bersanat sampai Rasulullah” Ujar Rohib (22) salah satu santri Al Hikam.

 

Share and Enjoy

    Komentar

    comments