Rapat Senat Terbuka Wisuda STKQ ke-2

Depok, WALISONGOONLINE – (Sabtu, 07/10) Pagi yang membahagiakan untuk Al-Hikam, tepat pukul 09.30 acara Wisuda Sekolah Tinggi Kulliyatul Qur’an Al-Hikam berlangsung. Acara ini berlangsung di Serambi Masjid Al-Hikam Depok dan dihadiri oleh beberapa tamu undangan, di antaranya TGH. Dr. Muhammad Zainul Majdi, MA, Ketua Program Kajian Timur Tengah dan Islam (PKTTI) Dr. Muhammad Luthfi Zuhdi, Syaikh al-Mab’uts Samman dari Mesir, para dosen, para tamu undangan dan orang tua/wali wisudawan.

Prosesi Wisuda dilaksanakan pukul 10.00 WIB dengan total wisudawan 22 orang yang merupakan Santri Mahasiswa Sekolah Tinggi Kulliyatul Qur’an (STKQ) Al-Hikam Depok angkatan II. Wisuda kali ini merupakan wisuda kedua setelah wisuda perdana dilaksanakan tahun lalu, dan merupakan wisuda pertama tanpa kehadiran al-Maghfurlah Dr. KH. Ahmad Hasyim Muzadi.

Senat Sidang Wisuda Sarjana Angkatan II diketuai oleh Dr. H. Arif Zamhari, Ph.D., kemudian ada Pangasuh Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Depok KH. Muhammad Yusron Shidqi, Lc., Ketua Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Dr. KH. Muhammad Cholil Nafis, Lc., MA., Ph.D, dan dua orang Guru Besar: Dr. KH. Ahmad Fathoni, Lc., MA. dan KH. Muhaimin Zen, MA., serta Adif Minanul Cholik, MA.

Acara wisuda kali ini pun terasa semakin lengkap dan istimewa karena diisi oleh orasi ilmiah yang disampaikan oleh TGH. Dr. Muhammad Zainul Majdi, MA. Beliau menyampaikan orasi selama kurang lebih satu jam dengan tema “Nilai-Nilai Qur’ani untuk Membangun Negeri”.

“Umat Islam adalah umat paling besar di dalam republik indonesia, maka umat islam indonesia jugalah yang paling besar tanggungjawabnya. Memahami al-Qur’an dan as-sunnah merupakan salah satu tanggungjawab kita untuk mengisi kemerdekaan dengan nilai-nilai yang baik.” Demikian kurang lebih penjelasan TG Zainul Majdi pagi tadi.

Para wisudawan yang berasal dari berbagai daerah itu berbahagia. Mereka maju satu persatu menerima ijazah dan bersalaman dengan para senator sidang. Wisudawan terbaik adalah mahasiswa kelahiran Banyuwangi, yaitu Ali Fitriana, S.Ud.

Selama kurang lebih dua jam, acara wisuda berlangsung. Tepat pukul 11.30 WIB, acara wisuda berakhir dengan lantunan doa yang dipimpin oleh KH. Abdul Basir Mukhtar. [MNU]

 

Share and Enjoy

Komentar

comments