Santri of The Year, KH Hasyim Muzadi Hingga Dahlan Iskan

Surabaya, WALISONGOONLINE – Sejumlah tokoh santri dinobatkan sebagai peraih predikat ‘santri of the year’ dalam anugerah Santri of The Year 2018.

Kegiatan rutin yang digelar tiap tahun ini terselenggara berkat kerjasama Islam Nusantara Center (INC), Pustaka Compass, dan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Rektor UINSA Surabaya Prof Masdar Hilmi mengatakan kegiatan ini sangat positif sebagai upaya memberikan inspirasi untuk bangsa.

Penghargaan ini sekaligus menandakan bukti kuat bahwa santri dan pesantren telah mengisi bangsa ini dengan banyak hal yang positif, inspiratif dan kontributif.

Masdar mengaku bangga terlibat dalam kegiatan yang telah memasuki kali ketiga tersebut.

Dia berharap, kegiatan yang sama akan kembali digelar di kampusnya. “Kami bangga menjadi bagian dari  santri of  The  Year 2018,” katanya dalam keterangannya kepada Republika.co.id, Senin (20/10).

Hadir dalam kegiatan ini sejumlah pejabat dan tokoh santri serta pengurus Nahdlatul Ulama (NU). Di antaranya Gubernur Jatim  terpilih Khofifah Indarparawansa, Wagub Jatim Terpilih Emil Dardak, Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, dan lainnya. Hadir pula perwakilan pesantren dan madrasah dari wilayah Surabaya.

Direktur INC Ahmad Ginanjar Sya’ban mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk menemukan dan menampilkan tokoh atau fiigur yang telah memberikan sumbangsih prestasi mereka dalam bentuk gagasan inovatif dan sekaligus kerja dan karya. “Termasuk juga prestasi bagi pembangunan bangsa dan negara tercinta ini.

Kriteria lain, kata dia, tokoh tersebut mampu membangkitkan motivasi dan dapat memberikan teladan bagi generasi muda serta masyarakat umum untuk lebih giat membangun bangsa dan negara.

Acara ini dimeriahkan penampilan seni dari mahasiswa UINSA Surabay seperti tarian Payang Madu khas Lamongan, pencak silat UINSA, paduan suara mahasiswa dan grup angklung. Berikut sejumlah penerima penghargaan Santri of The Year 2018:

  1. Pesantren Salaf Inspiratif : Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang
  2. Pesantren Modern Inspiratif : Pesantren Amanatul Ummah Surabaya-Mojokerto
  3. Pesantren Entrepreneur : Pesantren Al Mawaddah (Kudus)
  4. Pesantren Takhassus : Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo (Fiqh)
  5. Santri Inspiratif Bidang Dakwah : Dr KH Imam Mawardi (Surabaya)
  6. Santri Inspiratif Bidang Pendidikan : Prof Dr Abdul Haris, M Ag (Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)
  7. Santri Inspiratif Bidang Wirausaha/ Entrepreneur : Dahlan Iskan (Pemilik Jawa Pos Group)
  8. Santri Inspiratif Bidang Kepemimpinan dalam Pemerintahan Kabupaten/Kotamadya : H Asip Kholbihi, SH, M Si (Bupati Pekalongan)
  9. Santri Inspiratif Bidang Kepemimpinan dalam Pemerintahan Provinsi : Dr H Nurdin Basirun Gubernur Kepulauan Riau)
  10. Santri Inspiratif Bidang Seni & Budaya : Veryal Eisha Aqila ‘Veve’ Zulfikar (Sidoarjo).
  11. Pahlawan Santri 2018 : KH Masjkur Malang
  12. Santri Mengabdi Sepanjang Hayat : KH Hasyim Muzadi

Sumber : www.republika.co.id

Share and Enjoy

    Komentar

    comments