Semarak Hari Raya Kurban 1438 H di Al-Hikam Depok

(Depok, 31/08) Gema takbir mewarnai langit malam al-Hikam. Lafal tahlil, tahmid, dan takbir berkumandang di masjid Al-Hikam. Takbiran yang diawali oleh Takbir keliling TPQ hingga takbiran full night oleh para santri Al-Hikam dan Santri Madin Al-Hikam menggambarkan betapa bahagianya mereka menyambut hari raya Idul Adha atau yang disebut juga hari raya kurban.
Hari raya kurban kali ini berbeda dengan hari raya tahun-tahun sebelumnya di Al-Hikam. Keluarga besar Al-Hikam dan masyarakat sekitar menyambut hari besar ini, bertakbir-tahlil dan tahmid, menunaikan salat Idul Adha, hingga menyembelih hewan kurban tanpa kehadiran KH. Hasyim Muzadi. Beliau telah wafat kurang lebih setengah tahun yang lalu mewariskan Al-Hikam, sebuah pesantren harapan bangsa. Amin

Memang, pelaksanaan salat Idul Adha di masjid Al-Hikam selalu berbeda dengan ketika Idul Fitri. Mereka yang biasa mudik ke kampung halaman di momen lebaran idul fitri, tidak pulang ketika Idul Adha. Jamaah salat Idul Adha membludak bahkan hingga memenuhi halaman depan masjid Al-Hikam, sehingga tidaklah heran, para panitia pelaksanaan salat Idul Adha menyiapkan terpal di sisi timur, selatan, bahkan utara Masjid.

Gemuruh takbir, tahlil, dan tahmid sudah terdengar di Al-Hikam sekalipun saat itu masih terbilang sangat pagi, tepatnya pukul 06.30 WIB. Para jamaah bertakbir bersama hingga disusul petugas MC masjid Al-Hikam yang mengumumkan perihal jumlah hewan kurban Al-Hikam berikut petugas-petugas salat Idul Adha.

Tepat pukul 06.45 WIB, para jamaah melaksanakan tahlilan bersama yang merupakan awal dari rangkaian acara salat Idul Adha di Masjid Al-Hikam. Petugas shalat idul adha 1438 H di masjid Al-Hikam adalah sebagai berikut: yang bertindak sebagai bilal adalah Ust. Imam Humaini; Imam Shalat Idul Adha adalah Ust. Abdul Qodri; dan Khatib Idul Adha adalah Ust. Mustofa Amirin, S.Pd.I. Khutbah yang beliau sampaikan saat itu berkisar mengenai Hikmah Idul Adha serta mentauladani Nabi Ibrahim, Siti Hajar, dan Nabi Ismail.

Gemuruh takbir tidak hanya di hari Idul Adha, pada hari tasyrik pertama yakni tanggal 11 Dzulhijjah 1438 H nuansa kurban justru semakin terasa. Tepat pukul 06.00 WIB di lingkungan Al-Hikam prosesi penyembelihan hewan kurban dilaksanakan. Data hewan kurban masjid Al-Hikam adalah berikut: kambing berjumlah 12 ekor, domba 1 ekor dan sapi sebanyak 3 ekor. Jumlah tersebut dapat dibilang stabil alias tidak jauh berbeda dengan data tahun lalu ketika KH. Hasyim Muzadi masih hidup.

Hewan kurban sapi datang dari Pemprov Jawa Barat, DPP Partai Persatuan Pembangunan dan tujuh orang dari Kementrian Sosial Indonesia. Adapun hewan kurban kambing dan domba berasal dari warga sekitar Kukusan Beji Depok.

Warga Kukusan khususnya RT. 06/01 dan RT. 07/01 ikut berbahagia di momen kurban ini. Kurang lebih sekitar 400 bungkus daging sapi dan 150 bungkus daging kambing dibagikan ke warga sekitar Al-Hikam, tidak ketinggalan pula kepada mereka yang mengajukan permintaan daging kurban ke masjid Al-Hikam, mereka pun juga turut berbahagia.

Semoga mereka yang berkurban diterima oleh Allah swt, dilipatgandakan rezekinya; semoga mereka yang telah mengeluarkan tenaga mengurus penyembelihan dsb. dicatat sebagai amal saleh di sisi-Nya, dan semoga kita selaku umat Islam mampu mengambil hikmah dan mengamalkan semangat kurban yang sesusungguhnya dari perayaan hari raya kurban ini. Amin
Report by Mahmud Najahul Ulum
Sekertaris takmir dan panitia qurban al-Hikam 1438 H

Share and Enjoy

Komentar

comments