Seminar Keteladanan Dr. (HC.) KH. Ahmad Hasyim Muzadi “Tentang Keislaman, Keilmuan, dan Ketasawufan”


Depok, WALISONGOONLINE – Pada hari Minggu (18/11/2018), Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Depok menggelar acara bertajuk Seminar Keteladanan Dr. (HC.) KH. Ahmad Hasyim Muzadi dengan mengusung tema Keislaman, Keilmuan, dan Ketasawufan. Gelaran istimewa ini diadakan di Aula Masjid Al-Hikam Depok. Seminar secara khusus menghadirkan para tokoh yang pernah bertemu dan mendampingi langsung perjuangan Dr. (HC) KH Ahmad Hasyim Muzadi atau yang lebih akrab dipanggil dengan Abah Hasyim. Tujuan diadakannya seminar keteladanan K.H. Hasyim Muzadi adalah untuk mengungkap mutiara pemikiran dan tindakan yang dapat dijadikan teladan hidup bagi para santri Abah Hasyim dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Pada acara ini, Ibu Nyai Mutamimah, istri almarhum Abah Hasyim, mengatakan bahwa masih banyak pemikiran, gagasan, serta tindakan Abah Hasyim selama hidup yang belum terungkap kepada khalayak. Oleh karena itu, ia berharap agar pemikiran dan tindakan Abah Hasyim dapat dipelajari, dilakukan, dan dilanjutkan oleh para santri beliau dan masyarakat secara umum.

Seminar diawali dengan sambutan dari Pengasuh Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang dan Depok, yaitu Ibu Nyai Mutammimah, istri dari Alm. KH. Ahmad Hasyim Muzadi. Sambutan turut disampaikan oleh Rais Syuriah PCNU Kota Depok, KH Zainuddin Maksum Ali. Keynote Speaker pada seminar kali ini merupakan putra bungsu alm. Abah Hasyim sekaligus kepala Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Depok, Al-Ustadz Muhammad Yusron Shidqi, Lc. (Gus Yusron). Beliau menyampaikan secara garis besar teladan yang dapat diambil dari pribadi Abah Hasyim semasa hidupnya. Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi dari para narasumber pada masing-masing sesi.

Narasumber pertama adalah Ustadz Sofiuddin, MA.Pd. yang merupakan alumni Sekolah Tinggi Ma’had ‘Aly Al-Hikam Malang. Beliau memberikan materi mengenai “Islam Moderat di Tengah Perebutan Legitimasi”. Kemudian, narasumber kedua yaitu KH. Muhammad Nafi’. Beliau ialah keponakan Abah Hasyim yang sekaligus Kepala Pesantren Al-Hikam Malang. Kyai Nafi’ membawakan materi dengan tema “Filsafah Ilmu dan Kerangka Berpikir Dr. (H.C) KH Ahmad Hasyim Muzadi”. Narasumber terakhir adalah KH. Muhammad Hilmi Assidiqi Al-Aroqi yang merupakan salah satu dewan Asatidz di Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Depok. Beliau membawakan materi “Keseimbangan Intelektual dan Spiritual Dalam Laku Sufi Abah Hasyim Muzadi”. Acara kemudian diakhiri dengan sesi tanya jawab bersama para hadirin. (Ers/Frd/Dio)

Share and Enjoy

    Komentar

    comments