Tasyakuran BBTA Al Hikam Angkatan Perdana

Depok, WALISONGOONLINE – (minggu, 17/09) untuk ke sekian kalinya, Al Hikam mengabdi ke masyarakat. Tepat pukul 07.00 WIB di Ruang Rapat lantai dasar masjid Al Hikam, Takmir masjid Al Hikam mengadakan Syukurran Penutupan Program Bimbingan Baca Tulis Al Qur’an () Al Hikam bersama para peserta BBTA angkatan pertama.

Dalam acara tersebut Ust Roysyidin selaku ketua program di samping mengutarakan terima kasih juga menegaskan bahwa program yang memang pertama kali diadakan ini pasti terdapat banyak kesalahan yang karenanya dibutuhkan banyak kritikan dan saran dari berbagai pihak.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Pesantren Al Hikam Depok Ust. Muhammad Yusron Shidqi, Lc. dan Ust. Musthofa, S.Pd.I selaku Pembina program BBTA Al Hikam. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Pesantren menyampaikan bahwa “program ini adalah awal mula perkenalan kita terhadap al Qur’an, yang ujungnya kita cinta terhadap kalam Allah swt.dan terhadap apa-apa yang diturunkan Allah di dalamnya”. Beliau juga berharap bahwa program yang merupakan “tangga pertama” ini dapat berlanjut dengan bimbingan lanjutan sehingga tidak terputus pada periode pertama.

Program BBTA Al-Hikam merupakan program pengabdian masyarakat yang didukung penuh masjid Al Hikam. Berdasarkan data terakhir program ini, peserta program sebanyak 26 orang dari kalangan dewasa hingga tua baik laki-laki ataupun perempuan, dengan tenaga pengajar sebanyak 13 orang. Para peserta dibagi menjadi 2 golongan, yaitu golongan BBTA dan Tahsin. BBTA adalah diperuntukan bagi mereka yang masih tetatih-tatih membaca Al Qur’an, sedangkan Tahsin adalah diperuntukan bagi mereka yang sudah bisa membaca Al Qur’an.

Adapun metode yang digunakan dalam program ini  adalah Metode qur’any sebagai pedoman utama dan metode tilawati sebagai penunjang. Mereka belajar Al Qur’an setiap 3x seminggu. Dengan durasi tiap pertemuan sebesar 60 menit.

22x pertemuan telah dilalui, para peserta dianggap telah menyelesaikan program. Feed back dari peserta luar biasa, mereka berharap program ini dapat berlanjut dan lebih membuming sehingga informasi adanya program ini dapat menyentuh hingga ke daerah terpencil di desa-desa tetangga.

Bersyukur itu tidak selalu di akhir pencapaian, dan acara tasyakuran ini memang bukanlah akhir dari program ini. Terhitung sejak hari tasyakuran tersebut hingga hari sabtu 14 oktober 2017 pendaftaran periode kedua pun dibuka. Siapapun yang berkenan bergabung dengan program ini dapat langsung menghubungi pengurus BBTA di Masjid Al Hikam Depok.

Sebuah hadits mengatakan: “khoirukum man ta’allamal qur’ana wa’allamahu”, artinya sebaik-baiknya kalian adalah orang yang mempelajari alQur’an dan mengajarkannya. Semoga kehadiran program ini di daerah Depok khususnya daerah Kukusan Beji Depok dapat membawa manfaat dan berkah bagi masyarakat umum, serta mampu menghantarkan kita kepada derajat mulia golongan manusia pada hadits di atas. Amiin [MNU].

Share and Enjoy

    Komentar

    comments