Wakil DKM Masjid Al-Hikam Hadiri Pelatihan Hewan Qurban

Perwakilan DKM Masjid Al-Hikam mengikuti acara sosialisasi seleksi dan penyelenggaraan hewan qurban bagi pengurus DKM se kota depok yang bertempat di Dinas Pertanian Dan Perikanan Kota Depok.

Acara ini di selenggarakan pada hari Rabu 10 september dimulai jam 8.30 hingga 14.00. Acara ini membahas tentang tata cara merawat dan menyembelih hewan qurban untuk persiapan pada hari raya qurban yang insya Allah akan dilaksanakan pada tanggal 5 oktober nanti.

Dalam hal ini narasumber menjelaskan beberapa tata cara untuk merawat hewan qurban yang akan disembelih pada hari pemotongan antara lain:

  1. sebelum hewan dipotong harus dirawat sebaik mungkin
  2. Hewan yang akan dipotong harus terpisah antara satu jenis dengan jenis lainnya, misalnya: kambing harus terpisah dengan domba dan sapi harus dipisah agar tidak tertular penyakit antara hewan-hewan tersebut.
  3. Hewan yang paling pertama dipotong hendaklah hewan yang paling awal berada di lokasi dan yang terakhir dipotong adalah yang terakhir datang ke lokasi
  4. Sebisa mungkin hewan yang akan dipotong berada di area khusus yang jauh dari jangkauan orang banyak terutama anak-anak agar hewan tidak merasa terintimidasi.
  5. Dan cara pemotongan hewan qurban yang baik adalah hewan dihadapkan ke arah qiblat, membaca basmalah, memotong saluran pernapasan, saluran makanan, pembuluh darah, dan penyembelihan dilakukan dengan sekali tekan/memotong tanpa mengangkat pisau dari leher (Kepala tidak langsung dipisah dari badan).

 

Kontributor : Ikhwan; Editor : Yahya

Close