Syukuran Hari jadi STKQ Al-Hikam Depok ke 5

 syukuran ulang tahun STKQ al-hikam

Depok 8/1- Alhamdulillah STKQ Al-Hikam telah berusia 5 tahun tepat pada tanggal 9 Januari 2016. Peringatan  hari jadi STKQ  Al-Hikam ke 5 dirayakan dengan menyelenggarakan acara syukuran dengan di isi sambutan dari  Ketua STKQ Al-Hikam yaitu Bapak Arif Zamhari, PH.D dan pengarahan dari Pengasuh Yayasan Pesantren Al-Hikam Depok yaitu Dr.KH.A. Hasyim Muzadi. Dilanjutkan dengan doa yang diakhiri dengan Potong Tumpeng oleh Pengasuh.

Dalam pengarahan yang disampaikan oleh Pengasuh Ponpes Al-Hikam, beliau Abah Hasyim Muzadi mengawali dengan mengucap syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT karena telah dikabulkan doa-doanya untuk membangun pesantren Al-Hikam Depok. Beliau menyampaikan cara bersyukur yang lengkap atas doa yang terkabulkan harus memenuhi 3 syarat. Syarat yang pertama meyakini bahwa kenikmatan hakikatnya dari Allah SWT. “ jadi kalau kita sekarang punya Al-Hikam dengan luas tanah 1,5 Hektar dan punya gedung –gedung itu hakekatnya dari Allah SWT”.

Syarat yang kedua adalah melahirkan rasa syukur. “kalau tadi hakikatnya syukur, sekarang rasa syukur dengan mengucapkan Alhamdulillahirobbil’alamin”. Yang ketiga nikmat yang Allah SWT berikan harus dapat dipertanggung jawabkan. Abah hasyim muzadi menceritakan tentang doanya kepada Allah SWT agar diberi Pondok pesantren yang dekat dengan UI. “Alhamdulillah tahun 2003 saya membeli tanah didekat UI”. Dalam proses perjalanannya abah hasyim belum bisa secara penuh membangun Ponpes Al-hikam karena pada tahun-tahun itu beliau masih aktif di PBNU. Dan baru pada tahun 27 Maret 2010 setelah abah Hasyim Muzadi mengundurkan diri dari PBNU beliau langsung fokus pada pembangunan STKQ Al-Hikam yang dibangun dalam waktu 10 bulan setelah kemundurannya.  Itulah gambaran pertanggung jawaban dari terkabulnya sebuah doa.

Abah Hasyim menambahkan tentang pengembagan Al-Hikam pada 5 tahun kedepan.  “ Sebuah perjuangan itu biasanya per lima tahun, atau per tujuh tahun, atau per sepuluh tahun”. Beliau menegaskan harus ada penataan kembali secara besar-besaran pada 5 tahun kedepan untuk mengembangkan kwalitas Al-Hikam yang lebih baik.

Pesan Khusus yang disampaikan oleh Abah Hasyim Muzadi kepada Para santri STKQ Al-Hikam dan Pesma Al-Hikam adalah agar selalu rajin berdoa untuk perkembangan Al-Hikam dan selalu disiplin dalam mematuhi peraturan Pondok Pesantren.

Close