Kunjungan Pesantren Mahasiswa (Ma’had) Badar Palembang ke Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Depok

Depok,Walisongoonline-Sabtu, 29 Juni 2019 Pondok Pesantren Al-Hikam II menerima tamu dari Pondok Pesantren Mahasiswa (Ma’had) Badar Palembang. Sebanyak 32 orang tiba di pelantaran Masjid Al-Hikam Depok. Mereka langsung di sambut oleh santri Al-Hikam dan dipersilahkan untuk melaksanakan salat ashar berjamaah.

Setelah selesai melaksanakan shalat asar, rangkaian kunjungan dimulai dengan acara yang dilaksanakan di selasar masjid Al-Hikam. Setelah dibuka oleh pembawa acara, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan ustaz Dwi Nofari sebagai perwakilan dari Ma’had Badar Palembang. Beliau menyatakan maksud kedatangan dari rombongan Ma’had Badar Palembang adalah untuk menyambung silahturahmi sekaligus ziarah ke makam almarhum Abah Hasyim Muzadi. Melalui kunjungan ini, ustaz Dwi Nofari berharap dapat menerima ilmu-ilmu tentang segala hal terkait pesantren mahasiswa baik dari segi kurikulum dan lainnya

Acara dilanjutkan dengan sambutan dan penjelasan mengenai Pesantren Mahasiswa Al-Hikam dari Ustaz Adib Minanul Cholik selaku ketua asrama dan Ustadz Syauqu Habibie selaku ketua kurikulum. Dalam sesi ini, beliau secara bergantian menyampaikan tentang manajemen pondok pesantren Al-Hikam Depok dari awal didirikan sampai sekarang. Setelah itu, kegiatan disusul denan sesi tanya jawab.

Antusias dari rombongan Ma’had Badar terlihat pada saat sesi tersebut. Para rombongan memanfaatkan momen ini untuk menggali informasi mengenai Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Depok. Tak terkecuali para santri Ma’had Badar yang juga turut berantusias mengenai kegiatan yang dilaksanakan di Al-Hikam. “Apakah ada waktu (jadwal) pasti untuk kegiatan di Al-Hikam Depok?” ujar salah seorang santri. Setelah merasa cukup dan tidak ada lagi pertanyaan, acara diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan dari kedua pihak Pondok Pesantren Mahasiswa.

Setelah pembawa acara menutup acara penyambutan, rombongan segera bergegas untuk melaksanakan salat maghrib berjamaah. Seusai salat, tamu dari Ma’had Badar Palembang berziarah ke makam almarhum Abah Hasyim dan mengunjungi fasilitas-fasilitas yang terdapat di asrama Pesantren Mahasiswa maupun asrama Pesantren Mahasiswa Al-Hikam. Kunjungan ini ditemani langsung oleh santri di Pesantren Mahasiswa Al-Hikam. Setelah selesai, para rombongan Ma’had Badar Palembang pun pamit untuk pulang.