Hari Hak Asasi Manusia

Artikel
Berbagi Artikel

Oleh Agung Setia Budi
Mahasantri Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Depok

Kemarin tepat 10 Desember, diperingati sebagai hari Hak Asasi Manusia (HAM) se-dunia, ide ini direncanakan oleh International Humanist and Ethical Union (IHEU) pada tahun 1948. Sudah 69 tahun hari HAM diresmikan oleh Majelis Umum PBB tepatnya sejak 10 Desember 1950, tapi apakah semua orang sudah merasakan manfaat HAM itu sendiri?

Berkaca kebelakang, ternyata banyak saudara-saudara kita yang masih belum menerima haknya sebagai penerima HAM, contoh pelanggaran HAM yang masih terjadi yaitu penjajahan di Palestina, genosida di Suriah dan Rohingya, Muslim Uyghur yang dirampas haknya, dan masih banyak lagi pelanggaran-pelanggaran HAM yang masih banyak kita rasakan oleh orang-orang di sekitar kita. Padahal setiap orang tanpa terkecuali berhak mendapatkan haknya, beberapa di antaranya yaitu:

  1. Hak Asasi Pribadi
  2. Hak Asasi Ekonomi
  3. Hak Asasi dalam Hukum dan Pemerintahan
  4. Hak Asasi Politik
  5. Hak Asasi Sosial Budaya
  6. Hak Asasi Prosedur Hukum

Sebagai penutup, semoga kita semua biasa memaknai hari HAM ini dengan memperjuangkan hak-hak manusia di seluruh dunia, menyeru kepada kebaikan dan juga  kebenaran serta menjadi pribadi yang lebih peka terhadap hak-hak orang lain.


Berbagi Artikel