Hari Transmigrasi : Mendongkrak Perkembangan dan Integrasi

Artikel Nasional
Berbagi Artikel

Oleh Edy Fahrudi
Mahasantri STKQ Al-Hikam Depok

Indonesia merupakan negara yang berbentuk kepulauan. Ketidakmerataan kependudukan terjadi di Indonesia, teptnya di pulau Jawa yang memiliki penduduk terpadat dibanding dengan pulau-pulau lainnya. Oleh karena itu, pemerintah mengadakan program yang disebut transmigrasi yang Diperingati setiap tanggal 12 Desember. Transmigrasi merupakan istilah yang diadopsi dari bahasa Belanda, yaitu transmigratie. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, transmigrasi berarti perpindahan penduduk dari satu daerah (pulau) yang berpenduduk padat ke daerah (pulau) lain yang berpenduduk jarang.

Transmigrasi berfungsi untuk mengurangi kepadatan penduduk. Selain itu, transmigrasi juga memiliki fungsi di antaranya; untuk meningkatkan pemerataan persebaran penduduk di Indonesia, mengurangi kemiskinan, memberikan kesempatan bagi orang yang mau bekerja, dan memenuhi kebutuhan tenaga kerja untuk mengolah sumber daya alam di pulau-pulau yang masih kurang penduduknya bahkan masih sepi, seperti Papua, Kalimantan, Sumatera, dan Sulawesi.

Transmigrasi tidak hanya berorientasi pada pembangunan perekonomian nasional, tetapi juga penurunan kesenjangan yang terjadi di Indonesia serta peningkatan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat yang nantinya mempunyai dampak yang signifikan terhadap demografi, sosial, politik, dan budaya.

rakyatjateng.fajar.co.id

Dalam bukunya tentang Kependudukan, Achmad Faqih menjelaskan bahwa program ini (transmigrasi) beberapa kali menyebabkan persengketaan dan percekcokan, termasuk juga bentrokan antara pendatang dan penduduk asli setempat. Kritik mengatakan bahwa Pemerintah Indonesia berupaya memanfaatkan para transmigran untuk menggantikan populasi lokal, dan untuk melemahkan gerakan separatis lokal. Pemerintah yang pastinya melakukan yang terbaik untuk rakyatnya dan terus mengusahakan agar Pemerintah Indonesia bisa memberikan pelayanan kepada setiap daerah dari yang cakupannya nasional sampai lokal.

Seiring dengan perubahan lingkungan strategis di Indonesia, Pemerintah menjalankan transmigrasi dengan paradigma baru sebagai berikut:
1. Mendukung ketahanan pangan dan penyediaan papan
2. Mendukung kebijakan energi alternatif
3. Mendukung pemerataan investasi ke seluruh wilayah Indonesia
4. Mendukung ketahanan nasional pulau terluar dan wilayah perbatasan
5. Menyumbang bagi penyelesaian masalah pengangguran dan kemiskinan

Maka dari itu, sebagai warga negara yang baik, marilah kita dukung setiap program-program yang telah dibuat oleh pemerintah selagi tidak ada pihak yang dirugikan dan tentunya selalu membawa kebaikan dan bermanfaat bagi rakyat, pemerintah, serta negara. Satu hal yang harus kita tahu bahwa salah satunya cara untuk mengatasi tekanan penduduk di Indonesia, khususnya pulau Jawa adalah transmigrasi.

Editor : Safarul Hidayat


Berbagi Artikel