Masjid Rahmatullah Aceh, Masjid Kokoh Di Antara Bangunan Roboh

Artikel Internasional Nasional

Oleh Nuzulul Ilma
Mahasantri Pesantren Mahasiswi Al-Hikam Depok

Mencoba memanggil memori tepat 15 tahun yang lalu, sekitar pukul 08.00 WIB, Indonesia mengalami kedukaan yang sangat teramat dalam. Tepat pada hari ini di 15 tahun yang lalu, Tsunami dahsyat menerjang daratan Aceh. Tidak sedikit korban jiwa dan mereka yang kehilangan keluarga maupun harta benda. Tercatat sekitar 230 ribu korban yang berasal dari 14 negara dan 170 ribu korban dari Indonesia.

Walaupun Aceh dan sekitarnya sudah berbedah, namun bayangan dan ingatan itu tidak akan hilang begitu saja. Kisah tsunami Aceh berulang kali mengingatkan kita tentang kekuasaan Allah Swt. yang luar biasa, menjaga Masjid yang tetap kokoh di antara puing-puing bangunan yang roboh, yaitu Masjid Rahmatullah.

Masjid Rahmatullah yang berada di Lhoknga, dekat Banda Aceh, berjarak 500 meter dari bibir pantai ini menjadi satu-satunya bangunan yang tersisa. Meskipun beberapa sisi bangunan masjid rusak, sebagian besar tetap utuh dan selamat. Keajaiban itu juga tertangkap satelit Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Foto Lhoknga dari angkasa luar menunjukkan fitur melingkar berwarna putih. Itu adalah sebuah masjid yang selamat dan tetap berdiri kokoh di tengah segala kehancuran. Masjid ini menjadi saksi bisu betapa dahsyatnya hempasan gelombang tsunami pada waktu itu.

Hingga saat ini, Masjid Rahmatullah masih terjaga. Cat bangunan berulang kali diperbarui agar tetap bersih. Setelah renovasi dilakukan, banyak wisatawan yang datang ke masjid tersebut untuk melihat langsung bagaimana kebenaran atas kejadian Tsunami yang menghantam Masjid Rahmatullah. Wisatawan ini tidak hanya berasal dari Indonesaia saja melainkan dari luar negeri pula.

Meskipun bangunan Masjid Rahmatullah yang baru menjadi lebih megah dari sebelumnya, beberapa sisi masjid bagian belakang tetap dipertahankan seperti kondisi aslinya yang rusak akibat Tsunami. Hal ini dilakukan sebagai pengingat dan peringatan bagi masyarakat mengenai bahaya bencana Tsunami di masa yang akan datang.

Bagian itu hanya ditutupi dinding kaca yang ditempeli foto-foto kondisi masjid sesaat setelah terkena tsunami. Di dalamnya tampak masih ada bongkahan batu karang dan batu-batu koral yang berserakan di atas pasir dan ada pula satu tiang masjid yang dibiarkan roboh. Selain Masjid Rahmatullah, ada satu Masjid lain yang masih teteap kokoh karena dihantam Tsunami, yaitu Masjid Baiturrahman yang terletak di pusat kota Banda Aceh.

Referensi :
https://www.liputan6.com/news/read/3208655/kisah-masjid-rahmatullah-tetap-kokoh-dihantam-tsunami-aceh
https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/masjid-rahmatullah-saksi-kedahsyatan-tsunami-di-lampuuk

Berbagi :