Al-Hikam Depok

Berbagi :

Area Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Depok berada di Jl. H. Amat No. 21 Kelurahan Kukusan Kecamatan Beji. Di dalam area seluas 2 hektar ini terdapat Sekolah Tinggi Kuliyatul Quran (STKQ), Pesantren Mahasiswa (PESMA), Pesantren Mahasiswi (PESMI), Taman Pendidikan Quran (TPQ) dan Bimbingan Baca Tulis Al-Qur’an (BBTQ).

Sekolah Tinggi Kuliyatul Quran

Sekolah Tinggi Kuliyatul Quran Al-Hikam diresmikan pada tanggal 9 Januari 2011. Peresmian yang dihadiri para tokoh besar termasuk Syekh Wahbah Zuhaili dan Quraish Shihab berlangsung khidmat. Prospek lulusan menjadi sarjana yang dapat menguasai kandungan Al-Qur’an dan ilmu – ilmu keislaman sehingga mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan masyarakat.

Pesantren Mahasiswa dan Mahasiswi

Selain mendirikan STKQ Al-Hikam, KH Hasyim Muzadi berusaha mengintegrasikan dan menkombinasikan Mahasiswa Umum dengan Ilmu Agama melalui Pesantren Mahasiswa (PESMA) dan Pesantren Mahasiswi (PESMI). Melalui visi Mewujudkan Pesantren Mahasiswa dan Pesantren Mahasiswi sebagai pusat keunggulan dan rujukan dalam penyemaian potensi insaniah. Memiliki motto ” Amaliah Agama, Prestasi Ilmiah dan kesiapan Hidup “.

Taman Pendidikan Quran

Tidak hanya mendidik Mahasiswa dari berbagai daerah, Pesantren Al-Hikam Depok juga berusaha mendidik warga sekitar sejak dini melalui Taman Pendidikan Quran (TPQ) Al-Hikam. Dengan adanya TPQ Al-Hikam, diharapkan terciptanya generasi qurani di sekitar Al-Hikam.

Bimbingan Baca Tulis Al-Qur’an

Pesantren Al-Hikam Depok juga berusaha mengajar warga sekitar Khusus bagi orang dewasa yang tidak bisa membaca maupun tidak bisa menulis basaha arab, dan dibimbing langsung dari santri sekolah tinggi kuliyatul quran.


Berbagi :