STKQ Al-Hikam Bekerjasama dengan PKU Gontor Menggelar Seminar

Acara Berita Seminar STKQ Al-Hikam
Berbagi Artikel

Walisongoonline, Depok — Program Kaderisasi Ulama (PKU) XIII Universitas Darussalam (UNIDA) Pondok Modern Gontor bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Kulliyatul Qur’an (STKW) Al-Hikam Depok menggelar seminar tentang Pemikiran dan Peradaban Islam. Seminar ini dilaksanakan pada hari Selasa (17/12) yang bertempat di Auditorium STKQ Al-Hikam Depok Acara ini diikuti oleh para ustadz dan mahasiswa STKQ Al-Hikam serta para peserta PKU itu sendiri. Acara ini juga turut dihadiri oleh Ketua STKQ Al-Hikam, Ust. Adib Minanul Chalik M.Ag. Dalam sambutannya beliau menyampaikan terima kasih dan memaparkan sekilas tentang STKQ Al-Hikam.

Dr. Nur Hadi Ihsan selaku perwakilan PKU Gontor menyampaikan sambutan dalam seminar ini dan beliau juga memberikan penjelasan terkait materi pembahasan pada acara seminar yang mengangkat isu-isu tentang Pemikiran dan Peradaban Islam.

“Semoga dari silaturrahIm ini bisa mengantarkan kita pada silatul fikri serta silatul ‘aqli dan semoga acara ini  bisa bermanfaat bagi kita dan juga bagi umat. Pondasi peradaban kita adalah Alquran dan pokok peradaban Islam juga adalah Alquran.” Tutur beliau dalam sambutannya.

Seminar ini menghadirkan tiga pembicara yang merupakan peserta Program Kaderisasi Ulama (PKU) Gontor, yang pertama yaitu Gilang Fikri ash-Shufi dengan pembahasan tentang Kritik Pemikiran John Wanshbrough tentang Alquran, yang kedua yaitu Achmad Ilham Maulana yang judul pembahasan “Khalafullah dan Kisah-kisah Al-Qur’an (Sebuah Tinjauan Kritis Kitab al-Fann al-Qashas fi al-Qur’an al-Karim)”, dan yang ketiga yaitu Nur Laili Ahmada dengan mengangkat tema Konsep Kafir dalam Alquran.

Setelah acara inti selesai, acara disambung dengan sesi tanya jawab dan penyampaian Epilog oleh Bpk. Abdullah Rizal Maulana M.Ag.

“Agar bisa bertoleransi kita harus bisa meniscayakan perbedaan itu ada dan terjadi, karena jika tidak ada perbedaan, apalagi yang ingin ditoleransi.” Katanya kepada hadirin.

Seminar ditutup dengan pembacaan doa oleh Ketua Prodi STKQ Al-Hikam, Ust. Subur Wijaya, M.Ag. dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama oleh semua peserta, pembicara dan asatidz.


Berbagi Artikel