KH. Hasyim Muzadi: Islam Beri Kebaikan untuk Umat Manusia

KH. Ahmad Hasyim Muzadi

JAKARTA — Anggota Dewan Pertimbangan Presiden KH. Hasyim Muzadi mengatakan Islam akan kalah jika umatnya tidak pandai dalam mempraktikkan Islam itu sendiri.

“Islam tidak mungkin kalah, tapi bisa kalah tergantung tingkat ke-Islaman dan kepandaiannya menggunakan Islam itu,” kata Kiai Hasyim di sela-sela Konferensi Internasional Media Islam (ICIM) di Wisma Antara, Jakarta, Rabu (25/5).

Ia mengatakan, Islam memiliki segalanya untuk memberi kebaikan bagi umatnya, termasuk orang non-Muslim. Sebab, Islam adalah agama rahmat bagi alam semesta.

Di kancah internasional, kata beliau, Islam dapat menjadi modal pemersatu bangsa di berbagai penjuru dunia, tetapi memang kenyataannya tidak seperti demikian. “Secara umum, kita punya modal bagaimana hubungan internasional tercapai baik sesama Muslim, maupun pergaulan dunia,” ujarnya.

Atas dasar itu,Kiai Hasyim berharap umat Islam dapat mengkonsolidasikan diri di internal Muslim. Dengan begitu, dakwah Islam dapat terus terjaga. Hal yang tidak kalah penting adalah umat Muslim untuk menjaga Islam itu sendiri sebagai agama yang damai.

“Penting juga umat Muslim untuk aktif. Ketika persepsi salah tentang Muslim dipublikasikan media, maka orang Islam bisa membenarkannya,” ujar Pengasuh Pondok Pesantren Al-Hikam itu menegaskan.

Sumber: Republika.co.id

Share and Enjoy

Komentar

comments